S E K K A U 82

Vicaksana Sakti Vira

Sekkau dan Album Lamaku

Lama sudah tidak kusentuh Blog ini, Sekkau82 adalah Angkatanku saat mengikuti pendidikan di Sekkau. Blog ini kuberi pasword dengan kata kunci “digajuli” yang artinya jelas dan tegas sekelas dengan “dibuli”, tetapi digajuli bisa juga berarti pendidikan ini dibuka pada tanggal 3 Juli . Namun jelas dan tegas juga pada masa pendidikan Sekkau angkatan 82 ada 8 orang siswa yang dengan pasrah harus kembali kerumah dan tidak dapat melanjutkan pendidikan sampai tuntas. Why….

Banyak motivasi seseorang untuk mengikuti sesuatu pendidikan apakah itu untuk menunjang karier, untuk mendapatkan suatu jabatan yang diimpikan atau untuk suatu koleksi agar digolongkan orang orang yang sudah berpendidikan tinggi. Namun demikian ada juga yang berpikir bahwa pendidikan cuma buat buang buang “uwang” doang dan tidak mengharapkan untuk mendapat peningkatan jabatan ( ini mungkin termasuk golongan personil yang sudah banyak makan asam garam dalam mempertahankan idealisme atau merasa tidak akan pernah diperhatikan oleh institusinya, sehingga yang timbul adalah Cukup begini saja lah…)

Begitu memasuki gerbang pendidikan Gubraaaak… motivasi pun berhadapan dengan sejuta suasana, keberanian dan ketakutan, kenal atau tidak kenal, perduli atau apatis, pintar atau bodoh, senioritas dan solidaritas, minoritas atau mayoritas, primer atau sekunder, butuh dana atau tidak yaaa dan terakhir baik atau galakyaaa ? dan sejuta elemen ini akan berbaur membentuk kolaborasi yang sebenarnya suatu tantangan yang harus dihadapi para siswa. Mungkin suatu saat kita ketemu dosen yang galak, kenal dan solidaritas ini yang disebut “tantangan” yang harus dikalahkan. Atau kemungkinan lain Dosennya galak, Sumber referensi pelajarannya sulit dan karya tulis nya mentok alias membeku. Trus harusnya gimana……

Mungkin ada yang sudah pernah nonton film “Mission Impossible Fallout” dimana selalu ada jalan bagi “anak muda/pemeran utama” untuk keluar dari kesulitan. Terkadang dia harus bersandiwara, berganti nama, berganti wajah bahkan berganti pacar demi mencapai misi yang harus diperjuangkan. Artinya seorang siswa harus berprinsip “selalu ada jalan untuk menyelesaikan permasalahan yang di hidangkan sang guru. Pada dasarnya suatu juknis atau doktrin sudah jelas ada dalam buku buku pelajaran lengkap dengan tata tulisnya sehingga setiap saat bisa kita buka dan pelajari….

Namun … ada suatu ilmu yang tidak tertulis namun kerap kita hadapi…. bahasa kerennya “Kitab Basah Jaya Mangun Karsa” (maaf ini hanya sebutan saya saja) seorang yang tahu membaca situasi maka dia akan mampu menghadapi keadaan maupun ujian. Terbukti salah satu siswa yang harus dirumahkan tersebut adalah seorang yang mampu menghadapi situasi. Namun unsur keberanian memang tidak boleh jauh dari seorang tentera. Setelah kegagalannya di Angkatan 82 beliau pun mencoba lagi di Angkatan 84 dan menyelesaikan dengan tuntas. Kemudian melanjutkan di Sustaf angkatan ke II sampai tuntas, sambil bekerja saat ini sudah menyelesaikan pendidikan S2.  Mungkin satu kegagalan membangunkan “Karsa” dalam diri kita untuk alert. Namun tidak perlu kita harus menunggu gagal untuk mampu membaca situasi disekeliling kita untuk mampu maju dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Menjadi seorang siswa tidak harus nomor atau rangking satu karena nomor itu sudah diboking sama yang pintrerr. Tidak perlu mendapatkan posisi yang terbaik karena menjadi yang terbaik harus banyak berkorban, banyak memberi nah itu namanya terbaik. Tetapi cukup sederhana saja… asal bisa saja sudah cuckuplah. Diberi pelajaran bisa memahami, diberi soal ujian bisa menyelesaikan, diberi tugas bisa melaksanakan… cukup itu saja semoga semua siswa berhasil memetik Ilmu Pengetahuan yang disajikan sang guru.

 

 

28 Juli 2018 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: